Cara Orang Install Laptop

Pernahkan kamu berfikir bagaimana cara orang install laptop?

Jika menginstall aplikasi aku yakin semua orang bisa melakukannya. Misal kita ambil saja contoh untuk memasang sebuah aplikasi di handphone. Kita hanya perlu menuju store seperti playstore atau appstore. Pencet-pencet dan aplikasi sudah ada di handphone kita. Tapi mungkin beda ceritanya kalau menginstall Android mulai dari awal!

Seperti halnya untuk menginstall laptop, berarti kita memasang sistem yang digunakan untuk kegiatan kita nantinya. Atau lebih tepatnya kita menginstall OS (Operating System / Sistem Operasi). Tentunya prosesnya tidak seperti memasang aplikasi di handphone. Untuk mengobati rasa penasaranmu tentang bagaimana cara menginstall laptop, berikut saya beritahu langkah-langkahnya.

Mendownload Jenis Sistem Operasi

OS atau operating sistem adalah sebuah software yang bisa dipasang pada sebuah perangkat keras (hardware) seperti laptop. Kalian bisa mendapatkan pengertian apa itu software melalui wikipedia. Untuk mendapatkan file OS ini kalian bisa mengunduhnya di situs resmi. Misalnya jika saya ingin menginstall Windows 11, berarti yang harus dilakukan adalah mengunjungi situs microsoft untuk mendapatkan file .iso nya.

Membuat Bootable

Bootable adalah sebuah media instalasi yang digunakan untuk menaruh file iso. Kemudian media ini nanti akan dihubungkan ke laptop untuk melakukan instalasi. Sebelumnya orang-orang menggunakan kepingan CD untuk media instalasi, namun dimasa yang lebih modern seperti sekarang ini, dengan memakai flashdisk/flashdrive saja kita bisa melakukan instalasi laptop.

Setting BIOS

BIOS adalah kependekan dari Basic Input Output SystemĀ . Seperti namanya ini fungsinya pada komputer untuk mengatur input atau output serta peran penting lainnya. Kalau mau install kita tinggal setting bootnya ke flashdik agar file sistem operasi bisa dimuat saat komputer menyala. Agar bisa masuk ke bios kita harus segera memencet tombol f2 (setiap komputer berbeda tombolnya). Untuk tampilannya seperti ini.

tampilan bios

tampilan bios oleh hp.com

Instalasi Laptop

Disini adalah langkah yang bisa dibilang ribet. Kita harus menyeting bagaimana sistem operasi yang di install di laptop kita bekerja. Mulai dari antaramuka bahasa yang akan dipakai, menentukan file system seperti fat32, ntfs kalau di windows atau ext3, ext4 ataupun yang lebih baru seperti btrfs di Linux. Kemudian membagi partisi seperti disk C atau common, disk D, disk E seperti yang kita sering jumpai di windows. Disini kalau kita minimal pernah melakukan instalasi laptop/komputer, akan lebih mudah memahaminya.

Selain itu ada beberapa jenis sistem operasi yang sebenarnya bisa di install di laptop kita. Kamu bisa membacanya di postingan natha9 sebelumnya tentangĀ Sistem Selain Android Dan Windows Yang Belum Kamu Tahu.

Ada juga pengertian lain seperti dualboot atau multiboot. Dimana dalam satau perangkat, misalnya laptop, bisa diinstall dua atau lebih sistem operasi. Seperti yang pernah saya lakukan dahulu.

Jadi sistem operasi yang ada pada laptop saya dulu satu-satunya adalah windows. Kemudian saya menambahkan Ubuntu linux kedalam laptop. Tentu saja cara installnya juga berbeda. Karena coba bayangkan satu disk bisa digunakan untuk dua sistem yang berbeda. Misalkan kamu punya sebuah handphone dan disana ada dua sistem operasi yang berbeda, misalnya ios dan android.

Jadi sistemnya adalah mempartisi hardisk menjadi beberapa bagian. Karena awalnya sudah ada partisi yang diisi oleh windows, maka perlu dibuat partisi kosong untuk Linux. Pun dalam proses installasi juga harus menentukan jenis file sistem dalan lainnya.

Sedangkan untuk memilih sistem operasi mana yang ingin digunakan, ada yang namanya grub. Gambarnya seperti di bawah ini.

grub-bootloader

grub by linuxsec

Ini akan otomatis ada ketika komputer atau laptop menyala saat. Diatas ini adalah tampilan dari grub milik ubuntu. kalau dibawah ini adalah tampilan dari grub windows

windows grub

windows grub by linuxbsdos.com

jadi memang kita bisa memilih menggunakan grub dari sistem operasi mana.

Nah selain dualbot bisanya orang-orang untuk mencoba sebuah sistem operasi menggunakan virtualbox atau sejenisnya. Penjelasan paling mudah dari virtual box adalah kita menjalankan sebuah sistem diatas sistem lainnya. Misalnya kita menginstall sebuah software virtual box pada windows dan menginstall Linux Ubuntu di dalam virtual box tersebut.

Sementara itu terkait bagaimana sebenarnya laptop itu diinstall. Semoga bisa mengobati rasa penasaranmu terkait bagaimana sebenarnya cara menginstall laptop.

admin

Suka menulis ringan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *